Kutu Rambut Kepala

Kutu rambut kepala  (pediculus capitis) adalah sejenis parasit yang hidup karena menghisap darah (manusia) dan biasa hidup di kepala manusia. Kutu betina mampu menghasilkan telur sebanyak enam buah setiap harinya. Telur ini satu persatu diletakannya pada pangkal rambut, kurang lebih 1 cm dari kulit dengan pelekat yang cepat mengeras dan akan menetas setelah kurang lebih 8 hari. Seringkali terdapat di ruangan umum, seperti bioskop, sekolah dan ditempat banyak orang yang saling bersentuhan.

Kutu Rambut Kepala

Kutu Rambut Kepala

Kutu rambut bisa menjadi masalah yang besar, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.  Kutu menyebarkan diri hanya dengan kontak langsung karena kutu sejenis serangga yang tidak memiliki sayap untuk bisa terbang atau kaki yang panjang untuk loncat. Setiap orang dapat dihingapi kutu pada rambut, jadi tidak bergantung dari keadaan hygienenya. Kutu rambut kepala lebih menyukai kepala yang sudah dicuci bersih daripada rambut yang terlantar dengan banyak serpihan. Tidak semua kutu bisa kita lihat dengan menggunakan mata telanjang. Ada beberapa jenis kutu rambut kepala yang memerlukan mikroskop jika Anda ingin melihatnya. Besar kutu rambut kurang lebih 3 mm dan menghuni bagian-bagian tubuh yang berambut, yakni kepala dan sekitar kemaluan. Dengan enam kaki yang memiliki kaitan diujungnya, kutu mengaitkan diri pada rambut. Dengan moncongnya dua atau tiga kali sehari dia mengisap darah dari kulit.

Setelah menetas keluarlah ulat atau larva yang dalam waktu 9 hari sudah mejadi kutu rambut  yang dewasa. Siklus hidup dikulit adalah kurang lebih 30 hari diluar manusia hanya beberapa hari. Infeksi dengan kutu rambut kepala tampak adanya telur-telur yang dapat dilihat dengan nyata pada pangkal rambut, kebanyakan dibelakang telinga dan di tengkuk, sebagai bintik-bintik putih yang sangat mirip ketombe. Akibat sengatannya timbul rasa gatal yang terus menerus tidak dapat diredakan dengan menggaruk.

Beberapa tanda tanda seseorang memiliki kutu rambut kepala:

1. Gatal

Gatal yang kuat pada permukaan kulit kepala. Rasa gatal ini disebabkan oleh zat-zat  yang terkandung di dalam air liur kutu kepala.

2. Tanda atau Luka Merah

Muncul tanda-tanda merah pada permukaan kepala, leher dan belakang telinga. Serta tanda-tanda bengkak terlihat di belakang telinga.

3. Adanya Telur Kutu

Terlihat adanya telur-telur kutu yang kecil.  Telur kutu rambut yang ada dikepala nampak bersinar dan memiliki warna putih. Ia terlihat seperti ketome tetapi tidak mudah dikeluarkan atau tidak mudah rontok.

Pencegahan dari infeksi oleh kutu rambut kepala praktis tidak dapat dicegah. Pengawasan terhadap adanya telur dirambut dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara tradisional yang dapat anda lakukan dirumah. Dengan deimikian telur-telur dilepaskan dari rambut sebelum sempat berkembang menjadi kutu rambut dewasa.

Dibawah ini merupakan cara alami untuk mengatasi dan menghilangkan kutu rambut kepala adalah :

1. Menggunakan sisir serit atau sisir kutu

Dengan anda rajin menyisir rambut anda dengan menggunakan sisir kutu ini akan membantu anda menghilangkan kutu yang bersarang pada kepala anda. Anda dapat membasahi rambut anda terlebih dahulu untuk membantu anda untuk lebih mudah menyisir rambut. Lakukan proses penyisiran secara rutin dan teratur sampai kutu benar- benar hilang.

2. Memotong rambut sampai botak

Cara membasmi kutu rambut kepala dapat dilakukan dengan cara mengguldul atau memotong rambut anda sampai botak. Cara ini menjadi cara yang paling ampuh untuk mengusir kutu rambut dari kepala anda.

3. Dengan menggunakan biji sarikaya

Bahan : 10 biji srikaya
cara penggunaan : Ambilah 20 biji srikaya dan sangria sampai gosong, kemudian haluskan dan gunakan untuk keramas. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lakukan secara teratur tiga kali seminggu, kutu-kutu dikepala akan segera hilang.

4. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kepala adalah salah satu cara menghilangkan kutu rambut di kepala dengan cara balurkan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala serta rambut anda. Kemudian tutup rambut anda menggunakan shower cap. Diamkan rambut selama 6 jam lalu keramas menggunakan shampoo seperti biasa saat anda keramas. Cara ini sebaiknya digunakan saat malam hari menjelang tidur supaya tidak mengganggu aktivitas kerja anda di siang hari.

Beberapa cara pencegahan kutu rambut kepala antara lain:

1. Usahakan supaya anda tidak tidur dengan orang yang memiliki kutu rambut karena kutu rambut tersebut dapat berpindah ke rambut anda.

2. Apabila ada keluarga atau teman anda yang merasa gatal dan pada rambutnya terlihat butiran-butiran berwarna putih segeralah periksa, bisa jadi warna putih itu adalah telur kutu. Serta segera lakukan beberapa cara diatas untuk membasmi kutu pada rambut kepala anda.

3. Sangat disarankan bagi anda untuk tidak berbagi benda dengan teman anda yang berkaitan dengan rambut seperti jilbab, topi, handuk, sisir, aksesoris rambut, ataupun bendalainnya. Karena kutu rambut pada kepala tersebut dapat dengan mudah berpindah ke rambut anda melalui benda-benda tersebut.

4. Selalu rawat kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut anda dengan berkeramas 2 hari sekali ditambah dengan menggunakan condisioner.

Penjelasan diatas menjelaskan tentang ciri-ciri terkena kutu, cara membasmi kutu, serta bagaimana cara anda untuk mencegah kutu rambut tersebut datang kembali menghampiri rambut kepala anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengusir kutu rambut dari kepala anda atau kepala buah hati anda.


=====================================

>>> Jual Obat Kutu Rambut Membasmi Kutu Rambut Secara Alami, Efektif dan Cepat, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kutu Rambut and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *